New Yamaha Jupiter MX 2011
New Yamaha MX hadir dengan sejumlah pembaruan. Salah satu kebaruan yang dimiliki New Yamaha Jupiter MX adalah pilihan kopling manual 5-speed, model sebelumnya bertransmisi 4-speed.
Penambahan satu gear ini membuat Jupiter MX 2011 tidak berbeda dengan sepeda motor sports lain seperti Yamaha Byson atau Yamaha Scorpio, yang juga menggunakan 5-Speed.
Sementara itu, meski masih menggunakan mesin 135 cc, Yamaha membuat tenaga dan torsi New Jupiter MX menjadi lebih besar dari model yang digantikannya. Belum ada keterangan secara resmi berapa kenaikannya dan apa saja yang dilakukan Yamaha agar performanya meningkat.
“Strategi penambahan gear dan performa mesin karena para penggemar di segmen ini menyukai sepeda motor bebek berperforma,” kata Paulus Firmanto, General Manager Promotion Yamaha Kencana Motor. “Akselerasi New Yamaha Jupiter MX menjadi lebih cepat.” [dp/Wyu]
Setelah sesi uji coba, barulah Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) menjelaskan perubahan sepeda motor bebek yang hadir pertama kali pada 2005.
Menurut Mohamad Abidin, Manager Technical Support Service Division, perubahannya mulai dari tampilan wajah, fairing, bodi, transmisi sampai mesin.
Dapur pacunya mengalami perubahan dengan basis Yamaha Vixion namun masih menggunakan karburator. Transmisi pada versi kopling menjadi 5-speed sebelumnya hanya 4-speed. Sedangkan versi non-kopling masih tetap menggunakan 4-speed. Tenaga dan torsinya juga menjadi lebih besar dari pendahulunya. Yamaha juga membedakan besaran torsi dan tenaga antara MX kopling dan MX non-kopling tangan.
MX tetap mengusung teknologi DiAsil Cylinder yang berguna untuk menjaga kondisi mesin tetap stabil saat dikendarai dan daya tahan yang kuat dari gesekan (aus).
Sedangkan wajahnya memiliki desain baru mulai dari lampu depan dan belakang. Fairing body dengan model baru yang lebih sportif. Sentuhan baru juga pada muffler.
Sepeda motor ini secara resmi akan diluncurkan pada Minggu mendatang (28/11) bersamaan dengan Yamaha Cup Race 2010 seri terakhir di Kemayoran, Jakarta. [dp/Wyu]
Yamaha Jupiter MX 2011 (non-kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,14 hp/8.500 rpm
Torsi 11,79 Nm/6.000 rpm
Transmisi 4-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Yamaha Jupiter MX 2011 (kopling)
Tipe Mesin SOHC, Berpendingin Cair
Kapasitas 134,4 cc
Tenaga 12,52 hp/8.500 rpm
Torsi 12,14 Nm/6.000 rpm
Transmisi 5-Speed
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
“Yamaha Jupiter MX 2011 versi non-kopling (auto clutch) dibanderol Rp 15,7 (OTR Jakarta). Sedangkan versi kopling (clutch) dihargai Rp 16,4 juta (OTR Jakarta),” urai Paulus S Firmanto, General Manager Promotion and Motorsport YMKI.
0 komentar:
Posting Komentar